Destinasi Candi Air Besar di Ulun Danu Temple Bali

SHARE
Destinasi Candi Air Besar di Ulun Danu Temple Bali

Indonesia sampai saat ini menjadi daya tarik wisatawan asing untuk datang berlibur. Daya tarik wisatawan masih tertuju di pulau Bali. Bali adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah ibu kota provinsi Denpasar.

Bali terkenal dengan panorama pantai dan pemandangannya yang menakjubkan. Salah satu objek wisata yang paling diminati pengunjung adalah Pura Ulun Danu Beratan. Objek wisata itu ialah tempat suci agama Hindu yang terletak di danau Baratan.  Lokasinya terletak di kawasan Bedugul, desa Candikuning, Kecamatan Bturiti, Kabupten Tabanan, Bali.

Pura Ulun Danu terdapat CandiAair yang sangat besar. Candi air itu menjadi objek berfoto di tempat itu. Hingga akhirnya Candi Air  menjadi lambang Ulun Danu Temple.

Namun candi ini sebenarnya dipergunakan untuk upacara persembahan untuk para dewi-dewi mulai dari dewi Danu, dewi Air, dewi Danau, dan dewi Sungai.

Keisitimewaan Wisata Bali Candi Air Besar Ulun Danu Temple

Destinasi Candi Air Besar di Ulun Danu Temple Bali

Pura Ulun Danu ini adalah salah satu danau yang sangat penting untuk proses irigasi. Namun sebenarnya Pura Ulun Danu mempunyai beberapa candi lain yang masih dalam satu kompleks yang disebut kompleks danau Bratan. Kompleks ini konon dulu dibangun pada tahun 1633 yang tersebar dibeberapa pulau di Indonesia.

Kompleks Pura Ulun Danu terdiri dari 4 Pura yang diantaranya Pura Lingga Petak, Pura Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa. Keempat pura itu difungsikan untuk umat hindu memuja tuhan yang disebut Tri Murti (Brahma, Wisnu, dan Siwa). Umat hindu memuja dipura itu untuk memohon kesejahteraan umat manusia agar alam semesta tetap seimbang.

Baca Juga: Curug Embun Tapak Gedung Kapahiang Bengkulu

Danau di Pura Ulun Danu lebih dikenal sebagai danau gunung suci. Kawasan danau yang terkenal dibali ini sangat subur karena terletak diketinggian 1200 meter. Jika Anda tertarik mengunjungi Ulun Danu. Anda bisa datang ke kota Denpasar dengan jarak tempuh sekitar 56 Km.

Uniknya dari Ulun Danu ini berada di atas danau. Jika air danau sedang naik atau pasang surut, Ulun Danu akan terlihat seperti mengambang diatas air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.