Meneropong Wisata Tempat Pemujaan Dewa-Dewa Di Tanah Lot Bali

SHARE
Meneropong Wisata Tempat Pemujaan Dewa-Dewa Di Tanah Lot Bali

Tanah lot adalah sebuah pura yang ada diatas bongkahan batu besar. Tanah Lot sudah terkenal menjadi lambang pariwisata Bali. Objek wisata ini sebenarnya sebuah tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut Bali.

Karena keindahannya membuat tanah lot menjadi objek wisata terkenal untuk melihat sang fajar terbenam. Tanah lot memiliki dua pura yang diletakan ditempat yang berbeda-beda. Ada yang diletakan di atas batu besar dan satunya lagi diletakkan di atas tebing tanah lot.

Konon, pura yang ada ditanah lot ini dibangun sosok brahamana yang bernama Danghyang Niratha. Ia mampu membuat masyarakat sekitar kawasan ini mempercayai Hindu. Masyarakat beragama hindu selalu memperingati pura ini setiap 210 hari ditanah lot.

Pura-pura tanah lot termasuk bagian dari pura kahyangan Jagat Bali yang dibawahnya ada goa kecil. Di goa tersebut terdapat binatang laut yang dinamakan ulat laut berwarna dasar kuning belang-belang yang berekor mirip dengan ikan atau bisa disebut pipih. Ular tersebut dipercaya adalah jelmaan sosok brahama yakni Danghyang Niratha yang masih menjaga pura ini.

Rute Dan Jarak Tempu Menuju Tempat Wisata Tanah Lot Bali

Meneropong Wisata Tempat Pemujaan Dewa-Dewa Di Tanah Lot Bali

Tempat yang menjadi objek andalan wisata Bali ini sudah banyak dilakukan renovasi. Perbaikan itu dilakukan untuk memperkuat bebatuan tanah lot tidak terkikis akibat ombak dan angin.Pemerintah setempat akhirnya menggunakan tetrapod (karang buatan) ditanah lot agar memperkuat tebing dan bebatuannya.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali, wajib mengunjungi Tanah lot. Lokasi tanah lot sangat strategis. Berlokasi di Beraban, Kediri, Tabanan yang hanya berjarak 13 Kilometer dari kota Tabanan.

Baca Juga: Jernihnya Pantai Gunung Payung Nusadua Bali

Anda bisa memulai dari Bandar Udara Ngurah Rai Bali dilanjutkan dengan menggunakan mobil atau motor agar terhindar dari kemacetan. Anda harus menempuh waktu kurang lebih 1 atau 2 jam tergantung situasi lalu lintas disana.

Sesampainya Anda di tanah lot, dipinggir pantai, Anda akan dimanjakan dengan toko-toko kerajinan khas Bali seperti lukisan, aksesoris dan kain khas bali. Anda juga tidak perlu khawatir jika Anda tidak membawa perbekalan.Di kawasan tanah lot banyak pedagang makanan dan minuman bahkan tempat penginapan yang harganya bisa di tawar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.