Pesona Indah Goa Gajah Bersejarah Di Bali

SHARE
Pesona Indah Goa Gajah Bersejarah Di Bali

Siapa yang tak gembira jika diajak traveling ke Bali. Pesona Bali masih memiliki keindahan akan panoramanya yang mampu membuat daya tarik wisatawan selalu mengunjungi Bali. Yups, Bali memang selalu ramai saat musim liburan datang.

Banyak objek wisata yang menjadi daftar liburan saat berkunjung ke Bali. Salah satu objek wisata yang menjadi favorit pengunjung yaitu Goa Gajah. Goa Gajah merupakan gua buatan untuk tempat ibadah umat Hindu yang berlokasi di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali.

Meskipun dinamakan Goa Gajah, Goa ini tidak dihuni oleh sekawanan hewan gajah. Namun didalam goa ini terdapat hewan kekelawar. Nama goa yang bersejarah dan terkenal di Bali berasal dari kata Lwa Gajah yang berarti pertapaan di tepi sungai.

Goa ini memiliki dua komplek yakni kompleks bagian utama dan kompleks bagian selatan. Bagian utara terdapat sebuah patung Ganesha. Patung tersebut adalah warisan ajaran Siwa yang digunakan umat Hindu untuk bersembahyang. Sedangkan bagian selatan, terdapat stupa Buddha yang terdiri dari 13 stupa dan 3 cabang yang dipahat-pahat.

Destinasi Goa Gajah Bali Yang Penuh Sejarah

Pesona Indah Goa Gajah Bersejarah Di Bali

Bagian selatan masih termasuk dalam area Tukad Pangkung berbentuk lembah pura patapan yang menyimpan sebuah arca Buda yang penuh sejarah.

Selain berfungsi sebagai tempat bersembahyang umat Hindu, Goa ini juga difungsikan sebagai pusat keagamaan yang disebut dengan Pura yang dipakai sebagai kegiatan agama Hindu dan Budha.

Jika anda masuk kedalam Goa, anda akan melihat permukaan goa yang bermotif atau berelief daun-dedaunan, keram, dan babi. Ditengah-tengah permukaan goa terdapat relief mulut goa yang sangat besar.

Baca Juga: Surga Tas dan Sepatu di Cibaduyut Bandung

Namun anda jangan kaget, karena didalam Goa Gajah juga terdapat pahatan batu muka raksasa yang memiliki mata besar dan sedang melirik kearah kanan. Pahatan itu juga memiliki rambut dan alis tebal sehingga pahatan itu terlihat sangat menyeramkan. Masyarakat sekitar menamakan patung besar itu dengan nama “Bomha”.

Saat menyelusuri dalam Goa yang dibangun 1923 ini, anda harus memilih jalan karena Goa Gajah memiliki 2 jalur atau 2 cabang jalan ada yang ketimur dan ada yang kebarat dengan ketinggian goa kurang dari 3 meter. Jarak Goa Gajah dari kota Denpasar hanya berjarak kurang lebih 27 Kilometer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.