Keindahan Arsitektur Kono Di Taman Sari Jogja

SHARE
Keindahan Arsitektur Kono Di Taman Sari Jogja

Taman sari Yogyakarta adalah objek wisata bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1758 dan selesai pada tahun 1765. Bangunan ini sangat bersejarah pada masa Hindia Belanda atau zamannya sultan Hamengku Buwono 1. Bangunan arsitektur jawa kuno itu dibangun oleh desain dan kontruksi yang bernama Tumenggung Mangundipura dan Demang Tegis.

Dulunya, taman sari Yogyakarta ini dijadikan sebagai kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman sari mempunyai luas bangunan hingga mencapai 10 Hektare dan terdapat kurang lebih 57 bangunan yang terdiri dari gedung, kolam, jembatan gantung, kanal air, danau buatan, pulau buatan dan lorong bawah air. Seiring tergerusnya zaman, kini taman sari hanya bisa dinikmati keindahannya pada bagian komplek kedhatonnya.

Komplek tersebut dibagi menjadi beberapa bagian, disebalah barat anda akan melihat danau buatan, lalu disisi selatan anda akan melihat pemandian umbul binangun, pasarean ledok sari, dan kolam Garijawati. Jika anda melihat komplek sebelah timur, anda akan melihat bangunan berarsitek kuno yang menjulang hingga sisi tenggara.

Jika anda berencana untuk berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan objek wisata taman sari ini yang memiliki keindahan bangunan artistiknya yang menonjolkan unsur kolam dan airnya yang sangat sejuk. Banyak masyarakat sekitar yang menyebutkan taman sari ini sebagai wastle castle yang berarti istana air.

Menginjakan Kaki Di Istana Air Taman Sari Jogja

Keindahan Arsitektur Kono Di Taman Sari Jogja

Istana air taman sari ini sudah termasuk bangunan cagar budaya yang dilindungi sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang atau memasukkan benda apapun kedalam kolam. Meskipun tidak diperbolehkan untuk berenang, anda masih bisa menikmati keunikan bangunan taman sari yang cocok sebagai alternatif liburan ke Yogyakarta,

Untuk dapat melihat istana yang dulunya dijadikan sebagai kolam mandi Raja Mataram ini anda bisa datang ke keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit menuju jalan Taman. Tiket masuk Taman Sari harganya sangat terjangkau hanya 5 ribu rupiah. Namun anda akan dikenakan tarif parkir sesuai jenis kendaraan Anda.

Baca Juga: Pesona Indah Goa Gajah bersejarah di Bali

Disini anda juga bisa menyewa jasa Tour Guide untuk menjelaskan detail sejarah Taman Sari dengan biaya tambahan 25 ribu rupiah yang ada di depan pintu masuk Taman Sari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.