Situ Patengan Wisata Bandung Yang Harus Dikunjungi Sepasang Kekasih

SHARE
Situ Patengan Wisata Bandung Yang Harus Dikunjungi Sepasang Kekasih

Jalan-jalan ke Bandung jangan lupa kunjungi Situ Patengan. Objek wisata Bandung ini mungkin masih asing ditelinga masyarakat luar Bandung. Meskipun hanya sebuah situ atau danau, tempat ini memiliki pemandangan yang tak akan dilupakan.

Situ Patengan adalah sebuah danau yang memiliki ketinggian kurang lebih 1600 meter dari atas permukaan laut. Berlokasi di kawasan Ciwidey atau tepatnya di  kawasan Patengan, Rancabali, Bandung membuat danau Situ Patengan berbeda dengan yang lainnya.

Sekeliling danau terdapat hamparan kebun teh dengan bukit-bukit ditumbuhi dengan pepohonan menambah kawasan situ patengan makin sejuk, asri, dan indah bahkan keindahan puncak Bogor tak tertandingi.

Uniknya, tempat ini mempunyai batu besar yang dinamakan dengan batu cinta. Penasaran apa itu situ patengan? Mari simak.

Sisi Panorama Wisata Bandung Di Situ Patengan Yang Penuh Cerita Romantis

Situ Patengan Wisata Bandung Yang Harus Dikunjungi Sepasang Kekasih

Situ Patengan mempunyai cerita sejarah terbentuknya danau berbentuk hati ini. Nama situ ini mempunyai arti yakni danau mencari dimana Situ adalah bahasa sunda yang artinya danau. Sedangkan Patengan yang berarti mencari. Konon danau hati situ patengan berasal dari seorang Dewi Rengganis dan Ki Santang yang saling jatuh cinta namun tidak bisa bersama. Namun mereka berdua bertemu di sebuah batu yang akhirnya dinamakan batu cinta.

Sang Dewi meminta Ki Santang untuk membuatkan sebuah danau dan perahu untuk mereka tinggal bersama dan jadilah situ patengan yang menjadi pelabuhan terakhir cinta Sang Dewi dan Ki Santang. Karena kisah legendaris terbentuknya danau indah ini membuat masyarakat sekitar mempercayai jika ada sepasang kekasih yang mengelilingi danau romantis ini cintanya akan menjadi abadi.

Sampai saat ini, Situ Patengan masih menjadi pilihan wisatawan domestis atau wisatawan asing. Jaraknya yang dekat dengan lambang wisata kota Bandung yakni kawah putih yang hanya berjarak 7 KM membuat situ ini ramai dikunjungi. Anda bisa menempuhnya waktu kurang lebih 10 ment dari kawah putih. Kalau dari Kota Bandung anda bisa menempuh waktu kurang lebih 1 jam karena berjarak sekitar 45 KM.

Baca Juga: De’Ranch Lembang, Tempat Wisata Bandung Ala Texas

Untuk Akomodasinya sangat mudah karena bisa dilewati dengan menggunakan bus pariwisata. Tiket masuknya 18 ribu per orang untuk hari biasa. 20 ribu perorang untuk hari libur. Namun bagi yang membawa bus pariwisata akan dikenakan biaya parkir sebesar 22 ribu. Untuk kendaraan pribadi akan dikenakan tarif 11 ribu dan untuk kendaraan bermotor sebesar 3 ribu rupiah. Tempat wisata alam Bandung ini juga dilengkapi fasilitas dan hiburan wahana lain yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.