Gunung Kapur Sumenep, Wisata madura Yang Tak Boleh Terlewatkan

SHARE
Gunung Kapur Sumenep, Wisata madura Yang Tak Boleh Terewatkan

Jalan-jalan ke tempat unik dan indah siapapun pasti menginginkannya. Apalagi jika harus menempuh jarak tempuh yang mengharuskan untuk naik pesawat atau kapal laut. Pastilah menyenangkan. Bicara soal negara Indonesia yang termasuk negara kepualan ternyata mempunyai salah satu kota yang terkenal dengan kuliner satenya yang populer se nusantara.

Ya, madura. Salah satu kota di Tanah air ini selain terkenal dengan satenya ternyata memiliki juga objek wisata yang tak kalah dengan keindahannya objek –objek wisata diluar negeri. Salah satunya gunung kapur Sumenep. Sebelum menjadi tempat wisata umum, dulunya tempat ini adalah tempat galian tambang batu putih.

Masyarakat sekitar dekat kawasan bukit kapur Sumenep masih memanfaatkan bukit kapur ini sebagai tambang batu putih yang bisa dijadikan untuk bahan dasar membuat bangunan seperti rumah.

Berpuluh-puluh tahun, kawasan ini menjadi tempat masyarakat Sumenep meraup pundi-pundi rupiah dari hasil tambang. Galian terus galian dilakukan dan membuat adanya bukit-bukit kapur menyerupai gunung salju. Tak heran jika anda melihat foto-fotonya seperti salju turun ke daerah tersebut.

Bukit Kapur Sumenep, Wisata Madura Ditengah Padang Salju

Gunung Kapur Sumenep, Wisata madura Yang Tak Boleh Terewatkan

Mungking Gunung Kapur Sumenep belum banyak yang tahu. Gunung Kapur Sumenep adalah destinasi wisata madura yang bisa memikat siapa saja yang menginjakkan kaki disana. Memang sebenarnya gunung ini bukan gunung alami. Gunung kapur ini sebenarnya adalah bekas galian kapur yang sudah tak terpakai lagi.

Hingga kini, bekas galian tersebut menjadi sebuah maha karya pemandangan gunung-gunung kapur yaang tingginya lebih dari 5 meter. Hamparan warna putihnya seperti salju yang ditengah jajaran bukit kapur yang membuat kawasan ini tambah eksotis.

Untuk bisa menuju destinasi wisata Madura bekas galian yang unik dan menarik ini, anda harus menuju desa Badur Kecamatan Batu Putih Kabupaten Sumenep, Madura. Anda harus menempuh dengan berjalan kaki mengikuti jalan protokol ke arah utara hingga mencapai kecamatan Mading. Setelah sampai di kecamatan tersebut, anda akan menemui pertigaan. Pilihlah jalan lurus yang menuju kecamatan batu putih.

Sesampainya disana, anda akan merasa di hipnotis oleh jejeran bukit putih yang indah dan tak akan terlupakan. Kokohnya pahatan-pahatan bukit kapur Sumenep menambah kesan eksotis yang akan membuat pengunjung ingin langsung mengabadikan momen dengan mengambil gambar.

Diantara bukit-bukit tersebut, diantaranya terdapat pepohonan yang masih tumbuh dengan subur meskipun di tempat wisata galian ini sangat gersang.

Jika anda ingin datang ke tempat ini, disarankan untuk membawa peralatan sebegai berikut.

1.    Masker

Fungsinya untuk menutupi saluran pernafasan anda dari debu-debu jika ada hembusan angin di tempat wisata ini

2.    Payung atau topi

jarangnya pepohonan membuat tempat wisata madura yang indah ini memiliki suasana yang panas. Terik mataharinya bisa membuat kepala anda pusing. Untuk itu bawalah payung dan topi untuk berjaga-jaga

3.    Air

Baca Juga: Hotel-Hotel Murah Di Kawasan Pantai Seminyak Bali Selatan

Panasnya sinar matahari dan diharuskannya anda berjalan kaki untuk menuju tempat bekas galian di madura ini pasti bisa membuat anda dehidrasi.  Pastikan anda membawa air agar ion di dalam tubuh anda tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.