Berkunjung Ke Wisata Lawang Sewu Di Semarang

SHARE
Berkunjung Ke Wisata Lawang Sewu Di Semarang

Semarang merupakan ibukota Jawa Tengah yang terkenal dengan kuliner Lumpia. Ada tempat wisata di Semarang yang masih kental akan ornament Belanda yang dulu di jaman penjajahan menjadi pusat pemerintahan.

Kota lama adalah potret dimana penjajah Belanda mengukir kebudayaan mereka, lewat bangunan yang menjulang tinggi dengan pintu dan jendela besarnya. Bangunan yang menjadi Landmark di pusat kota Semarang yang masih di pelihara adalah Lawang Sewu.

Berada di pusat kota membuat tempat wisata di Semarang yang satu ini tidak sulit untuk ditemukan, dengan melihatnya saja kita langsung tahu gaya arsitektur Belanda yang sangat kental disana. Mengapa dinamakan Lawang sewu yang berarti seribu pintu? Karena disana terdapat banyak pintu, mungkin jika dihitung tidak mencapai seribu lebih tepatnya 342 pintu tapi jika digabungkan dengan jendela yang hampir menyerupai pintu, bisa jadi berjumlah seribu.

Untuk masuk di Lawang sewu pengunjung cukup membayar Rp. 10, 000 untuk dewasa dan Rp. 5, 000 untuk pelajar dan anak usia di bawah 12 tahun. Lawang sewu pernah mengalami penutupan karena infrastruktur yang terbengkalai, PT. KAI (persero) melakukan pemugaran dan dibuka kembali untuk umu pada 5 Juni 2011 oleh Ibu Negara, Ani Yudhoyono.

Hal-Hal Yang Harus Di Perhatikan Sebelum Berkunjung Ke Lawang Sewu Semarang

Berkunjung Ke Wisata Lawang Sewu Di Semarang

1. Bawalah kamera

Mengunjungi Lawang sewusangat di sayangkan sekali jika tidak mengabadikan nya. Tidak jarang lokasi ini dijadikan untuk mengabadikan moment foto pre wedding ataupun foto perpisahan angkatan. Bangunan ini memang telah di pugar untuk peremajaan namun keasliannya tetap dijaga meskipun masih terasa kental aroma angkernya pada bagian dalam.

2. Gunakan Pemandu

Jika anda ingin menjelajahi bagian terdalam dari Lawang sewu yaitu, ruangan bawah tanah. Anda di haruskan untuk menggunakan jasa pemandu yang telah disediakan oleh pengelola. Karena ruangan bawah tanah masih gelap, meskipun di siang hari dan ditakutkan pengunjung akan tersesat. Sisi angker dari bangunan Belanda ini masih sangat kental jika anda di bagian dalam.

3. Jadilah Pengunjung Yang Sopan

Ketika mengunjungi tempat wisata di Semarang Lawang sewu ini memang terkenal angker, jadi disarankan untuk menjadi pengunjung yang sopan. Bagi wanita yang sedang menstruasi untuk tidak mengunjungi ruangan bawah tanah karena dapat memicu kesurupan yang akan menghancurkan kesenangan selama wisata.

Baca Juga: Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Karena ini bangunan tua, ada beberapa bagian yang tidak boleh dimasuki harap untuk ditaati, jadilah pengunjung yang baik dengan tidak meninggalkan coretan dan sampah di sekitar Lawang sewu terutama pada bagian dalam.

Mengunjungi bangunan tua yang memiliki nilai sejarah adalah salah satu wisata edukasi yang sangat bagus. Namun ingat untuk tetap menjaganya dengan baik dengan bersikap sopan disana. Ajak serta keluarga, teman dan sahabat untuk mengunjungi tempat wisata di Semarang Lawang sewu, karena wisata ini dapat dinikmati untuk segala usia. Selamat berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.