Persiapan Sebelum Keluar Negeri Yang Wajib Dilakukan Traveler

SHARE
Persiapan Sebelum Ke Luar Negeri Yang Wajib Dilakukan Traveler

Jika dirasa berkunjung ke pelosok Indonesia yang indah saja tak cukup, kamu bisa menginjakkan kaki ke negara lain. Meski di Indonesia banyak destinasi wisata yang menakjubkan tapi tidak ada salahnya kalau kamu ingin mengetahui panorama keindahan di luar negeri.

Dengan berwisata ke luar negeri akan memberikan kamu pengalaman atau pengetahuan baru tentang budaya negara yang sedang kamu datangi. Kamu akan mengenal kebudayaan, karakteristik masyarakat, norma-norma yang berlaku, bahasa, hingga cuaca yang bisa kamu rasakan karena di setiap negara mempunyai sensasi berbeda-beda.

Sayangnya berkunjung ke luar negeri bukan perkara yang mudah karena perbedaan bahasa dan perbedaan lainnya yang bisa membuat traveler cemas. Tak perlu khawatir karena kalau persiapan sebelum ke luar negerimu maksimal kamu akan terhindar dari rasa cemas dan liburanpun menyenangkan. Berikut beberapa persiapan yang luput dari perhatian traveler. Simak yuk

Tips Persiapan Sebelum Keluar Negeri

Persiapan Sebelum Ke Luar Negeri Yang Wajib Dilakukan Traveler

Baiknya Fotokopi Paspor Dulu

Berkunjung ke luar negeri pasti akan membutuhkan identitas. Nah paspor inilah yang wajib dimiliki traveler ketika meninggalkan negaranya. Bisa dikatakan paspor adalah KTP untuk itu jaga sebaik mungkin paspormu karena jika hilang tidak akan bisa melanjutkan perjalanan. Lebih baik Fotokopi paspormu dalam bentuk hardcopy atau digital sebagai dokumen cadangan ketika paspormu hilang.

Kalau Lebih Dari Seminggu Ke Luar Negeri, Wajib Lapor KBRI

Sebagai langkah awal untuk mencegah hal yang tak diinginkan sebaiknya kamu melaporkan diri ke KBRI bahwa kamu akan melakukan perjalanan ke luar negeri lebih dari seminggu. Agar jika ada hal yang tak menyenangkan, KBRI dengan sigap memberikan bantuan dalam bentuk apapun.

Vaksinasi Diri Untuk Perlindungan Kesehatan

Berkunjung ke negara yang belum kamu tahu situasi dan kondisinya, lebih baik lakukan vaksinasi untuk melindungi dirimu agar tidak terserang virus-virus dari negara yang sedang kamu kunjungi. Sebab sudah banyak kejadian para traveler mengalami sakit parah setelah berkunjung  ke suatu negara yang sedang diserang virus-virus.

Asuransi Itu Berguna Lho

Jangan mengabaikan asuransi perjalanan ketika kamu hendak ke luar negeri. Dengan memiliki asuransi, kamu akan tenang karena Asuransilah yang akan menjagamu dari kemungkinan terburuk seperti kecelakaan. Dengan begitu pihak asuransi akan menangung semua biayanya. Perjalanan jadi nyaman dan aman.

Siapkan Uang Receh Mata Uang Negara Yang Kamu Kunjungi

Hal ini sangat penting karena tidak semua supir taksi atau bus dinegara lain yang punya uang kembali. Untuk berjaga-jaga pergilah ke money changer untuk mendapatkan uang receh mata uang negara yang hendak kamu datangi.

Kalkulator dan Kamus Itu Wajib Di Bawa Kemana-mana

Tidak semua pedagang di luar negeri yang bisa bahasa internasional atau bahasa asing. Jika tak mau repot-repot mendengarkan bahasa tarzan atau menggunakan bahasa tubuh saat berbelanja, kamu harus membawa kalkulator. Berapapun harganya kamu tidak akan merasa kebingungan. Kamu juga bisa membawa kamus yang bisa mempermudahkan kamu untuk berkomunikasi meskipun masih terbata-bata atau hanya sekedar mengucapkan satu kata saja.

Jangan Lupa Ya Bawa Obat-Obatan

Baca Juga: Tips Sebelum Memilih Hotel Terbaik Untuk Honeymoon 

Perbedaan cuaca, kuliner bisa memicu kamu terkena penyakit. Bawalah obat-obatan yang biasa kamu konsumsi saat menderita penyakit tersebut, kamu bisa membantu obat pusing, obat diare, obat penurun demam, vitamin C agar tubuh gak gampang sakit dan travelingmu akan jadi menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.