Keindahan Danau Sentani di Papua

SHARE
Keindahan Danau Sentani di Papua

Keindahan pulang di ujung timur Indonesia ini memang tidak perlu diragukan lagi. Pulau terbesar kedua yang di miliki Republik ini, sangat kaya akan wisata baharinya yang tiada duanya di dunia. Lihat saja, siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, wisatawan yang kesini memang kebanyakan dari luar negeri, karena memang cost yang di tetapkan untuk menyaksikan keindahan biota lautnya tidak terbilang murah.

Namun ada satu tempat wisata di Papua yang harus di kunjungi jika sedang di pulau Cendrawasih ini. Sebuah danau terbesar di Papua yaitu, Danau Sentani. Lokasinya berada di selatan kota Sentani yang merupakan ibukota Jayapura. Sekitar 5 menit dari Bandara Sentani.

Danau Sentani adalah tempat wisata di Papua yang merupakan danau terbesar di Papua dengan luas sekitar 9. 360 hektar, dimana berada di ketinggian 75 meter diatas permukaan laut (dpl).

Kawasan ini sangat kaya akan biota laut dan hewan endemik asli Papua. Tidak salah jika danau ini sangat cocok untuk memancing, berenang, bersampan, ski air bahkan yang wajib dilakukan disini adalah menyelam atau diving. Tertarik mengunjungi tempat wisata di Papua yang satu ini?

Jika Ingin Mengeksplor Danau Sentani Papua Lihat Ini

Keindahan Danau Sentani di Papua

1. Hiu Gergaji (Pristismicrodon) Dan Ikan Gabus

Tidak perlu merasa ngeri dengan keberadaan hiu ini di Danau Sentani, Hiu Gergaji adalah endemik asli dan hanya terdapat di danau ini, maka hiu ini juga di namakan Hiu Sentani. Bentuk giginya yang menyerupai gergaji, sehingga dinamakan Hiu Gergaji. Diperkirakan Hiu Gergaji telah punah di Danau Sentani. Ikan Gabus asli dari Sentani memang patut untuk dinikmati, rasanya yang manis dan lezat membuat hewan ini sekarang menjadi langka, jadi sebaiknya tidak menyantapnya.

2. Festival Danau Sentani

Festival ini berlangsung setiap tahunnya, merupakan daya tarik tersendiri untuk pariwisata disini. Festival ini dihelat di sekitaran bulan Juni di Kalkote, Sentani. Ditampilan tarian perang di atas kapal yang dilakukan oleh desa disekitar Danau Sentani. Terdapat pula upacara Isolo, dimana upacara ini ditujukan untuk menyatukan perbedaan budaya di 22 desa di sekitaran tempat wisata di Papua ini.

3. Pulau Aisei

Baca Juga: Berkunjung Ke Wisata Lawang Sewu Di Semarang

Pulau ini merupakan pulaunya seniman dari Danau Sentani. Pulau ini dikenal dengan kain kulit kayunya yang indah dan bermotif unik. Kain kulit katu merupakan pakaian tradisional wanita Sentani yang mayoritas beraktivitas menangkap ikan di Danau Sentani. Jika anda tertarik anda dapat membawa pulang buah tangan dari pulau ini.

Kekayaan alam Indonesia yang melimpah harusnya membuat kita mensyukuri dan menjaga dengan baik alam dan ekosistemnya, sehingga tidak hanya sebaik dongeng semata untuk anak dan cucu kita. Begitu juga dengan Biota laut yang ada, seperti Hiu Gergaji yang telah punah karena keberadaannya tidak terdeteksi di salah satu tempat wisata di Papua yang eksotis ini. Mari kita jaga alam Indonesia agar tetap bahari.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Indonesia sebagai Content Writer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.