Tempat Wisata Taman Nasional Gunung Palung Di Pontianak

SHARE
Tempat Wisata Taman Nasional Gunung Palung Di Pontianak

Kalimantan Barat tidak hanya terkenal dengan Tugu khatulistiwa atau Equator Monumen yang telah mendunia, Tugu Khatulistiwa menjadi karena pernah terjadi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, ini terjadi karena titik kulminasi matahari.

Pontianak sendiri tidak hanya populer dengan jeruk pontianaknya, namun juga wisata flora dan faunanya yang masih terjaga dan tetap lestari hingga sekarang. Mereka semua tersimpan dengan baik pada Taman Nasional Gunung Palung.

Lokasi dari Taman Nasional Gunung Palung berada di kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Ini menjadi satu satunya hutan tropika Dipterocarpus terbaik dan terluas di Kalimantan. Sekitar 65 persen kawasan ini masih merupakan hutan primer yang belum terjamah manusia dan merupakan tempat tinggal paling baik untuk tumbuhan dan satwa liar. Mempunyai iklim tropis dengan rata-rata curah hujan mencapai 3. 000 mm pertahun dan suhu berada pada kisaran 25, 50 – 350 Celcius.

Lokasi taman nasional ini terluas di Kalimantan, Taman Nasional Gunung Palung memiliki luas 90. 000 hektar, yang merupakan kawasan pelestarian alam dengan keanekaragaman hayati bernilai tinggi dan berbagai ekosistem. Untuk mencapai lokasi ini memang tidak mudah, diperlukan perjalanan sekitar lebih dari 12 jam dari Pontianak untuk mencapai lokasi ini, dengan moda transportasi bermacam macam pula.

Berpetualang Di Hutan Tropis Terbaik Di Pulau Borneo

Tempat Wisata Taman Nasional Gunung Palung Di Pontianak

Ada Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Bunga langka ini, hanya terdapat di Taman Nasional Gunung Palung, tepatnya bunga ini dapat ditemukan di Sungai Matan terutama pada bulan Februari hingga April. Daya tariknya, ada pada bentuk bunga yang bercorak hijau dengan kombinasi bercak hitam pada bagian tengah bunga. Kita harus benar-benar memperhitungkan jika ingin menemukan bunga ini, karena lama mekarnya hanya 5 sampai 6 hari saja.

Fauna Yang Melimpah

aman Nasional Gunung Palung adalah tempat ideal untuk para satwa liar berkembang biak, kita dapat menemukan lebih dari 190 jenis burung dan 35 jenis mamalia yang memiliki peran sebagai penabur biji tumbuhan di hutan. Fauna yang sering terlihat salah satunya adalah Bekantan (Nasalis larvatus). Disini juga terdapat hewan langka yaitu tupai kenari (Rheithrosciurusmacrotis) yang keberadaannya sangat dilindungi.

Hanya Untuk Penelitian

Baca Juga: Keindahan Danau Sentani di Papua

Lokasi Taman Nasional Gunung Palung sangat ideal untuk melakukan penelitian mengingat keanekaragaman hayati yang tinggi dan masih terpelihara sendiri oleh alam. Belum ada wacana untuk menjadikan tempat ini sebagai pariwisata alam. Masa kunjungan terbaiknya pada bulan Juni sampai dengan September di setiap tahunnya.

Taman Nasional Gunung Palung memang tidak ditujukan untuk umum karena hutan ini masih sangat alami sehingga didiami oleh satwa liar, namun tidak tertutup untuk anda yang ingin berpetualang dan melihat langsung Bekantan disana, harap ditemani dengan pemandu professional jika akan mengunjunginya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.