7 Tips Aman Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi

SHARE
7 Tips Aman Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi

Bagi perantau mudik memang momen indah karena bisa berkumpul dengan sanak saudara yang jauh disana. Momen mudik akan terasa saat hari Raya Idul Fitri. Banyak orang beramai-ramai mudik lebaran dengan kendaraan pribadi.

Mudik dengan kendaraan pribadi memang dianggap mudik hemat karena biasanya menjelang lebaran, tiket mudik dengan transportasi umum seperti pesawat, kereta api, dan bus akan naik 2 hingga 3 kali lipat. Namun mudik dengan kendaraan pribadi akan menguras tenaga sebab anda sendirilah yang akan berkemudi hingga sampai tujuan.

Bicara soal mudik lebaran dengan kendaraan pribadi sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar selamat sampai ditujuan.

Berikut 7 hal yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tips Mudik Lebaran Pakai Kendaraan Pribadi

7 Tips Aman Mudik Lebaran Dengan Kendaraan Pribadi

1. Periksa Kesehatan Kendaraan Anda

Baik mudik menggunakan motor atau mobil ada baiknya anda memeriksa kesehatan kendaraan Anda agar saat melakukan perjalanan jauh kendaraan yang anda gunakan tidak akan mengalami masalah. Periksa mesin, rem, oli, air bag, ban, dan lain sebagainya agar anda selamat sampai tujuan.

2. Jangan Memaksakan

Hindari mengangkut penumpang sampai melebihi kapasitas kendaraan Anda. Misal kapasitas motor hanya 2 orang jangan sampai anda membawa penumpang lebih dari dua orang sebab belum lagi anda membawa barang-barang. Selain berat bisa membahayakan nyawa Anda. Jika anda mempunyai anggota keluarga yang banyak lebih baik gunakan transportasi umum dengan membeli tiket mudik dari jauh-jauh hari agar harganya tidak berkali-kali lipat.

3. Siapkan Uang Tunai yang Cukup

Pikirkan matang-matang berapa biaya perjalanan yang akan dibutuhkan mulai dari makan saat instirahat, toilet umum, bensin, dan lain sebagainya karena mesin ATM tidak selalu ada dan tidak semua kebutuhan perjalanan mudik lebaran anda bisa dibayar dengan kartu debit atau kartu kredit.

4. Sisipkan Perbekalan

Siapkan makanan dan minuman untuk perjalanan karena biasnaya saat mudik lebaran, jalanan akan dipadati kendaraan lain sehingga menimbulkan kemacetan. Untuk menghindari suntuk dan lelah siapkan makanan dan minuman ya.

5. Siapkan GPS

Meskipun Anda tahu jalanan menuju ke kampung halaman ada baiknya membawa GPS yang akan menunjukan arah untuk Anda. Sebab siapa tahu jalanan tahun lalu dengan tahun sekarang sudah berbeda. Untuk itu jangan lupa untuk membawa GPS agar anda selamat sampai tujuan.

6. Tertib Lalu Lintas

Jangan tergesa-gesa untuk sampai ke kampung halaman, patuhi lalu lintas mulai dari kecepatan maksimal hingga lampu merah dan tanda-tanda lalu lintas lainnya. Ini semua dengan keselamatan Anda dan juga keluarga Anda lain sebagai penumpang.

Kunjungi Juga: 4 Tips Mudik Lebaran Aman Naik Kereta Api

7. Istirahat Sejenak

Jika anda merasa kelelahan lebih baik beristirahatlah sejenak agar tubuh anda kembali fresh dan segar untuk melanjutkan perjalanan yang jauh. Biasanya saat mudik akan ada banyak tempat-tempat peristirahatan yang menyediakan aneka makanan dan minuman atau tempat untuk tidur.

Itulah ketujuh tips aman mudik dengan kendaraan pribadi agar anda selamat sampai ke kampung halaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.