Tips Aman Naik Kapal Laut Saat Hendak Bewisata Ke Pulau Seribu

SHARE
tips-aman-naik-kapal-laut-saat-hendak-bewisata-ke-pulau-seribu

Berkaca dari tragedi terbakarnya KM Zahro yang hangus terbakar saat hendak melakukan perjalanan ke pulau Tidurng, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Banyak para traveler memiliki trauma atau kecemasan takut naik kapal laut.

Sebenarnya tak perlu takut akan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat naik kapal laut jika kamu tahu bagaimana trik aman naik kapal laut.

Carilah operator kapal yang terpercaya dan memperhatikan standar prosedur keselamatan penumpang. Kedua hak ini harus ada dalam transportasi umum baik di darat, di udara, maupun di laut.

Dihimpun dari Travelomicom. Ada beberapa tips aman wisata ke pulau naik kapal laut yang perlu kamu perhatikan.

Pilih Operator Kapal Terpercaya

Liburan ke pulau memang menyenangkan selain sepi dan wisatawan lain, air di pulau lebih jernih serta flora fauna di dalam air masih terjaga. Liburan ke pulau, tentu kamu membutuhkan transportasi laut berupa kapal. Carilah informasi seputar opretaor kapal yang terpecaya dan mempunyai kredibillitas yang baik. Pilihlah kapal yang dioperasikan oleh PT Pelni.

tips-aman-naik-kapal-laut-saat-hendak-bewisata-ke-pulau-seribu

Jangan beli tiket dari calo

Usahakan untuk membeli tiket kapal laut di loket tiket resmi. Hindari membelinya dari calo. Jika tak sempat, kamu bisa membeli tiket kapal laut secara online lewat situs resmi Pelni. Dengan membeli tiket resmi, selain mudah, kejaminan keselamatan pun terjamin.

Hindari naik kapal yang terlihat penuh

Sama seperti kendaraan lain, kapal laut pun punya kapasita penumpang dan berat barang yang boleh dibawa. Jika melebihi muatan, keselamatan pun tidak akan terjamin sebab kapal akan rentan untuk mendapatkan masalah. Apabila traveler sudah melihat jumlah penumpang terlalu sesak. Ada baiknya menunggu kapal lain atau menunda keberangkatan. Lebih baik menghindari sebelum terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan.

Perhatikan aturan dan petujuk keselamatan

Jika menggunakan mobil harus memakai safetybelt, penumpang kapal laut harus mengenakan pelampung. Prosedur ini merupakan standarisasi yang diberikan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kapal mengalami masalah. Apabila kapal yang anda tumpangi tidak memberikan pelampung ada baiknya anda malaporkan kepada petugas pelabuhan atau menggantinya dengan kapal lain.

Baca Juga: Cara Mengemas Pakaian Di Tas Koper Untuk Liburan

Jangan Cemas dan Panik

Saat kapal mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, jangan membuat kegaduhan atau panik. Usahakan untuk tenang dan berpikir jernih cara menyelematkan diri. Ingatlah semua prosedur kesalamatan yang diberikan oleh operator kapal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.