Coban Rondo, Sejuknya Tempat Wisata di Malang

SHARE
Coban Rondo, Sejuknya Tempat Wisata di Malang

Pada umumnya tempat wisata di Malang yang memiliki nama cukup populer adalah tempat-tempat wisata yang identik dengan keberadaan buah apel.

Namun selain wisata-wisata yang dapat anda jumpai melalui paket wisata ini anda juga dapat menikmati sejuknya Air Terjun Coan Rondo. Terletak di ketinggian 1.135 meter dari permukaan air laut dengan curah hujan rata-rata 1.721 milimeter pertahun.

Tempat wisata di Malang yang memiliki suhu hingga mencapai 22 derajat celcius ini menyimpan sebuah legenda unik. Legenda yang berawal dari pasangan pengantin yang baru saja selesai melangsungkan pernikahan. Dewi Anjarwati (mempelai perempuan) yang berasal dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo (mempelai laki-laki) dari Gunung Anjasmoro.

Ketika usia pernikahan mereka sudah mencapai 36 hari atau yang dalam istilah Jawa disebut dengan selapan, keduanya bersikeras untuk pergi berkunjung ke Gunung Anjasmoro meskipun keduanya mendapat larangan keras dari orang tua Dewi Anjarwati. Dengan tekad yang kuat akhirnya keduanya memutuskan untuk benar-benar berangkat.

Kisah Romantis Asal Mula Coban Rondo Sebelum Menjadi Tempat Wisata Di Malang

Coban Rondo, Sejuknya Tempat Wisata di Malang

Didalam perjalanan keduanya dikejutkan oleh kehadiran Joko Lelono, perjalanan keduanya terhenti tepat pada air terjun yang saat ini merupakan salah satu tempat wisata di Malang. Kecantikan Dewi Anjarwati yang mampu memikat Joko Lelono membuat lelaki yang entah hadir darimana ini berniat merebut Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusumo. Akibatnya terjadilah perkelahian antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Para puno kawan yang mengawal kedua mempelai membawa sang puteri menuju sebuah air terjun sebagai tempat persembunyian, hal ini sesuai titah yang diberikan oleh Raden Baron Kumo. Namun dalam pertempuran baik Joko Lelono ataupun Raden Baron Kusumo sama-sama gugur, sehingga sang putri Dewi Anjarwati menjadi seorang janda.

Sejak saat itulah air terjun tersebut dijuluki Coban Rondo (rondo=janda). Konon disebutkan adanya sebuah gua dibawah air terjun sebagai tempat tinggal Dewi Anjarwati dengan batu besar sebagai tempat duduk sang putri.

Rute Menuju Coban Rondo Malang

Baca Juga: Menilik Daftar Tempat Wisata Di Palembang Yang Memukau

Untuk dapat mencapai tempat wisata di Malang ini anda harus menempuh perjalanan menuju Desa Pandesari, Kecamatan Pujon yang terletak di Kabupaten Malang. Perjalanan yang harus ditempuh dari Surabaya ke Malang, Batu, dan di teruskan ke Pujon dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jarak yang harus ditempuh sekitar 25 km dari Kota Malang. Anda harus berhati-hati ketika menuju ke lokasi dikarenakan jalanan yang berkelok-kelok dengan sisi lain merupakan jurang curam dan rawan longsor.
Suguhan Wisata.

Tempat wisata di Malang ini mempunyai fasilitas untuk kegiatan outbound, camping ground, tracking line flying camp dan lain-lain. Di area dekat tempat curahan air terjun terdapat sebuah musholla, tempat beristirahat dan sisi bangunan seperti joglo yang dimanfaatkan sebagai tempat pelepas penat dan kegiatan kelompok. Banyak juga terdapat arena wisata lain yang dapat anda nikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Bagaimana? Sangat menarik bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.