5 Tips Aman Mengemudi di Malam hari

SHARE
5 Tips Aman Mengemudi di Malam hari

Kemampuan seseorang saat mengemudi mobil bergantung pada pengelihatan. Padahal kemampuan untuk melihat akan turun secara drastis saat maam hari.
Tidak heran, mengemudi di malam hari adalah hal yang paling berbahaya.

Kenyataannya, banyak kecelakaan mobil yang fatal terjadi di malam hari. Mengemudi di saat waktu untuk beristirahat memiliki risiko kecelakaan paling tinggi dibandingkan mengemudi di siang hari. Kondisi jalan yang gelap dan tubuh yang lelah menjadi penyabab utama kecelakaan.

Bagi Anda yang suka mengemudi di malam hari, perlu ada persiapan khusus untuk mengurangi risiko kecelakaan mengemudi mobil malam hari.

Berikut tips aman bekendara di malam hari.

Tips Mengemudi Di Malam Hari

5 Tips Aman Mengemudi di Malam hari

Bawa Perlegkapan Darurat
Musibah tidak ada yang tahu, jadi sebaiknya bawalah perlengkapan darurat yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan diantaranya Ban serep, Tool kit sederhana, Kabel jumper atau baterai pengisian, dan Senter. Perlengkapan ini dapat berfungsi saat kendaraan mengalami masalah dan lokasi sekitar sulit menemukan bantuan.

Gunakan Navigasi GPS
Bawalah selalu alat komunikasi Anda untuk meminta bantuan kepada seseorang saat terjadi masalah. Manfaatkan juga ponsel anda untuk sistem navigasi GPS untuk mencegah Anda tersesat dari tujuan.

Atur Kaca Spion
Saat mengemudi di malam hari, Anda akan berpapasan dengan mobil dari arah lain. Akibatnya,cahaya lampu yang silau bisa menganggu pengelihatan Anda. Bila hal itu terjadi, kurangi kecepatan mobil dan palingkan wajah sedikit kearah samping. Bila cahaya datang lewat belakang, atur kaca spion agar cahaya tidak memantulkan cahaya langsung ke mata Anda.

Baca Juga: Ragam Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Asuransi Perjalanan

Pastikan Kondisi Fisik Tetap Fit
Melakukan perjalanan dimalam hari juga membutuhkan fisik yang sehat. Sebelum mengemudi di malam hari, konsumsilah makanan yang berpotein tinggi dan hindari makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi sebab bisa membuat Anda cepat mengantuk. Kurangi kopi dan memperbanyak minum air putih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.