5 Tempat Wisata Etnik Hari Raya Nyepi di Jogjakarta

SHARE
5 Tempat Wisata Etnik Hari Raya Nyepi di Jogjakarta

Tak terasa sebentar lagi Hari Raya Nyepi tiba. Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu. Setiap tahunnya, umat Hindu selalu merayakannya. Hari Raya Umat Hindu diselenggapan tiap hahun baru Saka.

Hari Raya Nyepi dipercaya sebagai salah satu hari terbaik untuk melakukan penyucian dewa-dewa yang berada di pusat sumadera yang membawa intisati amerta air hidup.
Selama hari raya nyepi, umat Hindu di Bali melakukan puasa selama 24 jam penuh. Inilah yang membuat semua kegiatan terhenti termasuk penutupan bandara, pelabuhan, serta fasilitas lainnya kecuali layanan kesehatan di Bali.

Wisatawan yang hendak ke Bali, biasanya akan melakukan perjalanan sehari sebelum Hari Raya Nyepi atau sehari setelah perayaan Hari Raya Nyepi berakhir.

Nah, tak perlu ke Bali. Ada beberapa tempat di Jogjakarta yang pas untuk merayakan hari raya nyepi.

Berikut daftar tempat wisata etnik di Jogjakarta yang pas untuk hari raya nyepi.

Candi Prambanan

Candi Hindu yang paling terkenal di Indonesia adalah Candi Prambanan di Yogyakarta. Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata etnik jogja yang tidak bisa dipisahkan dengan Candi Budha terbesar di Indonesia yakni Candi Borobudur.

Candi Borobudur

Meskipun banyak yang mengenal Candi Borobudur. Candi ini menjadi ikon wisata etnik di Yogyakarta. Jaraknya cukup dekat dengan tempat wisata di Jogja. Tak heran Candi Borobudur selalu dipenuhi dengan wisatawan saat hari-hari besar termasuk hari raya nyepi.

Candi Plaosan

Bila ingin melihat candi budha yang memiliki karakter unik adalah Candi Plaosan. Candi ini terletak pada dua bangunan utama yang sedikit berbeda. Candi Plaosan merupakan candi yang memiliki dua karakter arsitektur Budha dan Hindu lantaran dibangun pada masa Pramudyawardhani yang beragam Budha dan dibantu oleh Rakai Pikatan sekitar abad ke IX. Candi Plaosan terletak Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Yogyakarta.

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di kecamatan Kalasan, Slemen, Yogyakarta yang ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani di sawah. Candi ini ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani di sawah. Candi Hindu ini awalnya tertutup lahan pesawahan warga. Candi ini bisa menjadi pilihan untuk Anda menikmati hari raya nyepi di kawasan wisata etnik di jogja.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Aman di London Saat Ini 

Gua Selarong

Gua Selarong berkaitan erat dengan masa-masa Kemerdekaan RI. Gua ini berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gua Selarong adalah salah satu Petilasan Pangeran Diponegoro saat berjuang melawan Belanda. Gua Selarang sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati wisata etnik saat hari raya nyepi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.