Wisata Alam Pegunungan Dieng Dan Telaga Warna Wonosobo

SHARE
Wisata Alam Pegunungan Dieng Dan Telaga Warna Wonosobo

Saat ini gunung dieng menjadi momok pembicaraan bagi kalangan pelajar atau mahasiswa yang masih mengidam-idamkan liburan ke gunung vulkanik yang masih aktif di pulau jawa tengah ini.

Gunung dieng letaknya di sebelah barat gunung sindoro dan gunung sumbing yang sudah masuk di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

Gunung ini masih termasuk di desa dieng kulon, kecamatan Batur, kabupaten banjarnegara, dan dieng. Gunung ini mempunyai lebih dari dua gunung berapi. Meskpiun masih aktif. Banyak wisatawan dan turis menginjakan kaki di gunung ini.

Nama dieng berartikan dewa dan dewi yang berterbangan. Jadi gunung dieng mempunyai arti pegunungan para dewa dan dewi yang bersemayaman. Banyaknya gunung membuat dieng mempunyai banyak kawah-kawah yang menganggumkan seperti kawah Sibanteng, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sinila, dan Kawah Timbang.

Meneropong Suasana Gunung Dieng Dan Telaga Warna Wonosobo

Wisata Alam Pegunungan Dieng Dan Telaga Warna Wonosobo

Jika diteropong dari ketinggian, gunung dieng memiliki ketinggian hingga 2.000 m diatas permukaan laut. Jika Anda kesana, disarankan membawa jaket karena suhu disana bisa mencapai 12 derajat celcius pada siang hari. Sedangkan malam hari bisa mencapai 6 hingga 10 derajat celcius.  Apalagi disaat musim hujan mengguyur daerah ini suhunya bisa pada titik 0 derajat celcius. Sangat dingin.

Ketika suhu disana sudah mencapai 0 derajat celcius akan menimbulkan embun beku yang berdampak buruk bagi pertanian setempat di sekitaran gunung.

Baca Juga: Ajaib tapi bukan sihir, Danau 3 Warna Gunung Kelimutu

Selain itu jika anda mengunjungi gunung dieng. Disana ada salah satu landmark yang terkenal di kawasan Dieng. Landmark itu adalah Telaga Warna. Yap, telaga warna terkenal dengan warna danaunya yang berbeda-beda dan mirip dengan danau 3 warna di gunung kelimutu. Namun warna-warna itu dikarenakan adanya pembiasan cahaya yang diakibatkan dari endapan belerang di dasar telaga.

Warna danau ini ada hijau, biru laut dan putih kekuning-kuningan. Pesonanya menjadi saya tarik tersendiri pengunjung gunung dieng untuk langsung melihat eksotisnya telaga warna yang mempunyai nuansa yang romantis saat menikmati keindahan telaga ini dengan duduk bersantai bersama keluarga atau belahan jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.